Beberapa Aspek Penting Tentang Kiamat Dan Takdir


  1. Aspek-aspek penting terkait dengan kiamat;

a)    Kiamat memiliki beberapa nama/penyebutan sebagaimana yang tersurat dalam al Quran yang   didalamnya terkandung makna luar biasa yang harus menjadi pegangan keimanan dan sebagai penambah kadar keimanan. Diantara nama-nama kiamat tersebut adalah:

Yaumul Akhir, yang berarti hari akhir

Yaumul Hisab, yang berarti hari perhitungan

Yaumut Thalaq, yang berarti hari perpisahan

Yaumul Khuld, yang berarti hari kekekalan

Al Waqi’ah, yang berarti peristiwa besar, dan lain-lain.

Aspek-aspek yang terkandung dalam beberapa nama kiamat tersebut adalah menjadi pemberitahuan penting bagi kita tentang bagaimana gambaran hari kiamat itu, dan menjadi sarana persiapan atau perbekalan selagi kita hidup dalam menyongsong hari kiamat, serta yang terpenting adalah menjadi pengukur seberapa keyakinan dan keimanan kita terhadap hari kiamat yang pasti akan datang tepat waktu secara besar-besaran dan dahsyat.

 

b)   Tanda-tanda kiamat sangat beragam dan banyak, karena Rasulullah SAW telah lama memberikan khabar tentang hari kiamat melalui ciri-cirinya atau tanda-tandanya. Diantara tanda-tanda kiamat yang telah beliau sampaika melalui haditsnya adalah:

– Harta orang kafir yang dihalalkan tanpa perang yang dijadikan pembagian bergilir,

– Amanat dijadikan seperti harta rampasan,

– Zakat dijadikan seperti pinjaman,

– Belajar selain daripada agama,

– Orang lelaki taat kepada isterinya,

– Mendurhakai ibu,

– Lebih rapat dengan teman dan menjauhi ayah,

– Suara-suara lantang dalam masjid,

– Pemimpin kaum dipilih dari orang fasik,

– Orang dimuliakan karena ditakuti akan kejahatannya dan bukan karena takut Allah

 

c)    Sikap terbaik menghadapi kiamat adalah terus menerus melakukan usaha sekuat tenaga dalam hal ibadah maupun kegiatan harian dengan positif dan semaksimal mungkin, dan menghindari dan menjauhi perbuatan-perbuatan yang dapat menjerumuskan ke neraka, serta meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan dengan sebaik-baiknya demi memperoleh rahmat-Nya kelak di hari kiamat dan syafa’at Rasulullah SAW.

 

  1. Aspek-aspek mengenai takdir;

a)    Qadar adalah segala bentuk ketentuan atau ketetapan Allah yang telah berlangsung sejak zaman azali (zaman yang tak ada awalnya), sedangkan Qadha’ adalah ketetapan Allah terhadap sesuatu pada waktu terjadi. Ketika Allah menetapkan sesuatu akan terjadi pada waktunya, ini yang dimaksud qadar. Dan ketika telah tiba waktu yang telah ditetapkan pada sesuatu tersebut, ketentuan tersebut dinamakan qadha’. Maka Qadar adalah ketentuan Allah terhadap segala sesuatu sejak zaman azali, sedangkan Qadha’ merupakan pelaksanaan Qadar ketika terjadi. Mayoritas para ulama’ mengatakan bahwa kedua istilah tersebut mempunyai satu makna. Pendapat yang dianggap rajih (unggul/kuat) adalah bahwa kedua istilah tersebut bila dikumpulkan (Qadar-Qadha’), maka mempunyai makna berbeda, tapi bila dipisahkan antara satu dengan yang lain maka mempunyai makna yang sama.

 

b)   Perbedaan pandangan beberapa golongan mengenai takdir:

  • Mereka yang ekstrim dalam menetapkan qadar dan menolak adanya kehendak dan kemampuan makhluk, mereka berpendapat bahwa manusia sama sekali tidak mempunyai kemampuan dan keinginan, dia hanya disetir dan tidak mempunyai pilihan, mereka tidak membedakan antara perbuatan manusia yang terjadi dengan kemauannya dan perbuatan yang terjadi tanpa kemauannya, tentu saja mereka ini keliru dan sesat, kerena sudah jelas menurut agama, akal dan adat kebiasaan bahwa manusia dapat membedakan antara perbuatan yang dikehendaki dan perbuatan yang terpaksa.
  • Mereka yang ekstrim dalam menetapkan kemampuan dan kehendak makhluk sehingga mereka menolak bahwa apa yang diperbuat manusia adalah karena kehendak dan keinginan Allah SWT serta diciptakan olehNya, menurut mereka, manusia memiliki kebebasan atas perbuatannya, bahkan ada diantara mereka yang mengatakan bahwa Allah SWT tidak mengetahui apa yang diperbuat oleh manusia kecuali setelah terjadi, mereka inipun sangat ekstrim dalam menetapkan kemampuan dan kehendak makhluk.
  • Mereka yang beriman, sehingga diberi petunjuk oleh Allah SWT untuk menemukan kebenaran yang telah diperselisihkan, mereka itu adalah Ahlussunnah Wal Jamaah, dalam masalah ini mereka menempuh jalan tengah dengan berpijak di atas dalil syar’i dan dalil aqli, mereka berpendapat bahwa perbuatan yang dijadikan Allah SWT di alam semesta ini terbagi atas 2 macam :

1)   Perbuatan yang dilakukan oleh Allah SWT terhadap makhlukNya, dalam hal ini tak ada kekuasaan dan pilihan bagi siapapun, seperti turunnya hujan, tumbuhnya tanaman, kehidupan, kematian, sakit, sehat dan banyak contoh lainnya yang dapat disaksikan pada makhluk Allah SWT, hal seperi ini, tentu saja tak ada kekuasaan dan kehendak bagi siapapun kecuali bagi Allah SWT yang maha Esa dan Kuasa.

2)   Perbuatan yang dilakukan oleh semua makhluk yang mempunyai kehendak. Perbuatan ini terjadi atas dasar keinginan dan kemauan pelakunya; karena Allah SWT menjadikannya untuk mereka. Sebagaimana firman Allah SWT:

لِمَن شَاء مِنكُمْ أَن يَسْتَقِيمَ
“Bagi siapa diantara kamu yang mau menempuh jalan yang lurus”. (At Takwir: 28).

مِنكُم مَّن يُرِيدُ الدُّنْيَا وَمِنكُم مَّن يُرِيدُ الآخِرَةَ
“Di antara kamu ada orang yang menghendaki dunia dan di antara kamu ada orang yang menghendaki akhirat”.( Ali Imran : 152)

فَمَن شَاء فَلْيُؤْمِن وَمَن شَاء فَلْيَكْفُرْ
“ Maka barang siapa yang ingin ( beriman ) hendaklah ia beriman, dan barang siapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir “ ( Al-Kahfi: 29)

Dalam menyikapi takdir, sebaiknya kita mengambil dan mengaplikasikan sikap terbaik yakni menerima dengan ikhlas dan ridho terhadap segala tindakan atau ketentuan Allah yang tidak bisa ditentang (ditolak) namun juga tetap berusaha menjalani kehidupan beserta segala keinginan (kemauan) kita secara bijaksana.

Advertisements

Kritik atau sarannya...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s