Problematika (Permasalahan) Dalam Pendidikan Islam


Mengapa mutu pendidikan islam kalah dibandingkan dengan pendidikan non-islam ?

Masalah tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor, diantaranya :

Kedisiplinan dalam tata tertib dan kurikulum pendidikan, sedangkan pendidikan non-islam cenderung mengikuti perkembangan zaman.

Kesungguhan dalam mengkaji al Quran dan as Sunnah, padahal dalam al Quran itu sendiri sudah tercakup semua aspek dan segi keilmuan.

Keterbatasan finansial pada lembaga pendidikan islam.

Kualitas sumber daya manusia (SDM) para pendidik dalam pendidikan islam kalah dibanding para pendidik pada pendidikan non-islam.

Banyaknya buku dari ilmuwan islam pada zaman dahulu yang dimusnahkan sehingga umat islam masa kini mengalami kesulitan dalam mengkaji sumber referensi keilmuan islami.

 

Mengapa nilai-nilai pendidikan islam belum bisa terwujud secara menyeluruh dalam kehidupan sehari-hari ?

Masalah tersebut dikarenakan oleh 2 hal yang terpenting, yakni :

Kurangnya pemahaman yang mendalam tentang agama islam itu sendiri.

Pengaruh keimanan pada diri tiap individu yang sering naik turun.

 

Mengapa penyelenggaraan sistem pendidikan islam seakan bersifat apa adanya (tidak profesional) ?

Masalah tersebut dikarenakan oleh :

Keterbatasan ilmu administrasi dalam kaitannya dengan sistem penyelenggaraan pendidikan islam, berbeda dengan pendidikan non-islam yang telah mempunyai standar sistem pendidikan yang tinggi.

Kurangnya dukungan dari segala pihak yang berhubungan langsung dengan sistem pendidikan islam tersebut dalam rangka memajukan kualitas pendidikan islam.

Kurangnya kebersamaan dan kemauan yang besar dari para penyelenggara sistem pendidikan islam untuk mengembangkan kelembagaan tersebut.

 

Mengapa mayoritas masyarakat berpandangan bahwa pendidikan islam hanya berorientasi pada agama saja ?

Masalah tersebut dikarenakan oleh :

Kurangnya pemahaman dan pengetahuan masyarakat secara mendetail tentang pendidikan islam, disamping keberpihakan masyarakat kepada pentingnya pendidikan modern (non-islam).

Karena pendidikan islam dianggap oleh sebagian masyarakat bersifat stagnan (diam di tempat) dan seakan tidak ada kemajuan dan seakan tidak pula ada kemunduran, berbeda dengan pendidikan non-islam yang terus berinovasi dan mengadakan pengembangan yang intensif.

 

Mengapa para pelaksana pendidikan islam kurang bisa menanamkan nilai-nilai agama islam pada anak didiknya ?

Masalah tersebut dikarenakan oleh :

Kurangnya penerapan dan percontohan dari para pendidik itu sendiri dalam mengaplikasikan segala nilai pendidikan islam dalam keseharian mereka.

Karena adanya keberpihakan para pendidik itu untuk meningkatkan nilai formal semata, tanpa memperhatikan pentingnya akhlaq dari nilai-nilai pendidikan islam tersebut.

Advertisements

Kritik atau sarannya...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s