Rumus Pukulan Terbang (Rebana) Al Banjari


PEREMPUAN PELAN

D / T  D  T  T  D / D

TT  TT  T . TT  TD  D . DD  DD  D . DD  DD

T . TT  D  TT  TT  T . TT  TT  D  TT  TD

T . TT  T  TT  TT  T . TT  TT  D . TT  TD  3X

D  TT  TT  D . TT  TD

 

PEREMPUAN VERSI

D / T  TT  DD  D  TT  TD / D

TT  TT  T . TT  TD  D . DD  DD  D . DD  DD

T . TT  D  TT  TT  T . TT  TT  D  TT  TD

T . TT  T  TT  TT  T . TT  TT  D . TT  TD  3X

D  TT  TT  D . TT  TD

 

PEREMPUAN CEPAT

D / T  T . DD  D  T . TD / D

T . TT  T  T . TD  D D . DD  D  D . DD

T . TT  D  T . TT  T  T . TT  D  T . TD

T . TT  T  T . TT  T  T . TT  D  T . TD  3X

D  T . TT  D  T .TD

 

GOLONG CEPAT PEREMPUAN

D / T . DD  T . D

T  T  T  D  D  D  D  D

T  TDT  T  T  TDT  D

T  T  T  T  T  TDT  D  3X

D  T  TDT  D

 

Disadur dari: Grup Atbaul Makin Pesantren Ilmu Al Quran (PIQ) Singosari Malang

49 thoughts on “Rumus Pukulan Terbang (Rebana) Al Banjari

    1. thanks a lot buat mampirnya ke blog yang “reot” namun meneduhkan ini…ustadz adie aulia pewira… jgn bosen2 mampir lagi yach..

    1. Wa’alaikumsalam wr wb, ust adryan. Memahami rumus itu memang tidak mudah apalagi secara otodidak. Maaf sebelumnya. Saya menulis artikel rumus banjari ini sebagai info saja bagi yang membutuhkan. Dan bila anda memang ingin belajar secara mendalam, saya anjurkan belajar kepada pakarnya secara langsung. Untuk MP3, kebetulan saya masih belum memiliki, mohon maaf dan dimaklumi. Wassalam.

      1. assalamu’alaikum wr wb

        mohon maaf, wan. saya kurang begitu tahu tentang syababun ba’alawy
        boleh jadi wan berkenan mencari/broswing di situs lainnya

    1. assalamu’alaikum, ustadz noordin.
      terima kasih kembali kami haturkan, sesama makhluk Allah swt memang sudah seharusnya saling membantu. terima kasih atas kunjungan dan komennya, semoga sering mampir kembali ke blog sederhana ini.

  1. Ass… wr… wb…
    sblumnya mohon maaf soalnya baru belajar, pak ustad pukulanya kok beda sm yg di ajarkn pembimbing sy. pukulannya sbb :
    Lanang : DDD T TDTT
    Wedok : DDD T TD T
    mohon pencerahannya, terima kasih
    wass…

    1. Wa’alaikumsalam wr wb. mohon maaf sebelumnya juga atas keterlambatan saya merespon pertanyaan anda. pukulan terbang/rebana yang saya posting di sini merupakan salah satu dasar cara memukul terbang yang pernah saya pelajari dahulu. sekarang, seiring berkembangnya model qoshoid, pukulan itu pun ikut mengalami sedikit perubahan. Nah, insyaAllah, barangkali rumus pukulan yang anda pelajari itu adalah hasil perkembangan itu. tapi, bila jawaban saya ini kurang tepat, saya pribadi mohon maaf. bila berkenan, silahkan menanggapi pendapat ini, terimakasih.

  2. menarik… Kalau ada sekalian mp3-nya diupload.. Biar gak bingung cara kita (yg masih awam ini) mempelajarinya.. Magasih…

  3. mas saya pingin beli terbang tapi saya tidak punya uang, saya ingin latihan secara langsung dengan kk, kasih tahu saya alamat kk

    1. latihan sama saya? tapi saya juga tidak punya terbang, apalagi alamat saya jauh, jadi lebih baik, kamu latihan dengan orang2 yg ahli terbang di sekitar kamu saja, jadi g repot.

  4. Assalamualaikum wr. wb.
    mas makasih atas tambahan ilmunya…
    mohon izin untuk mengamalkannya…
    .
    yang ke 2 maaf…
    diatas postingannya perempuan(wedo’an) semua…
    ada gak buat laki-laki(lanangan)…
    .
    sekian trimakasih,,,
    bila ada salah tulis mohon maaf sbesar2 nya…
    .
    wassalamualaikum wr. wb.

    1. wa’alaikumsalam wr wb
      secara spesifik, saya kurang begitu tahu dasar rebana di nurul musthofa..maaf
      yang saya ketahui hanya rebana/terbang klasik

      terimakasih atas komen-nya.

  5. Assala mu’alaikum wr-wb.
    Maaf Ustadz saya juga mau belajar ni ustadz, biar bisa ngajar anak-anak ngaji ataupun majlis ta’lim, tapi ustadz saya kurang paham mengenai kunci nada atau apalah namanya itu ustadz (D atau T ) yang ustadz tulis blok ini , tolong ustadz mohon di buat dalam bentuk bunyi walaupun bunyinya ditulis aja, termakasih ustadz atas bantuannya sebelum saya ucapkan terima kasih.

    1. Wa’alaikumsalam. Sebelumnya terimakasih banyak atas kunjungannya dan komentarnya. Untuk bunyi yang dimaksud dalam tulisan T dan D itu, dalam menabuh terbang banjari dasar itu kan hanya ada 2 tabuhan, yaitu tabuhan dengan ujung2 jari tangan yang saya tulis dengan rumus T dan tabuhan dengan seluruh telapak jari tangan yang saya tulis dengan rumus D.

    1. sebelumnya terima kasih atas kunjungannya. untuk rumus banjari pada busyro lana, standarnya ya sesuai rumus pokok yaitu laki2 cepat & perempuan cepat yang sudah saya post, tapi seiring perkembangan ya banyak yg memodifikasinya, jadi ya tergantung bagaimana enaknya di telinga kita masing2.

  6. assalamu’alaikum.. mau tanya, keterangan lebih jelasnya untk semua rumus tersebut bagaimana? apa arti tanda (.) dan cepat pelanya nada serta jatuhnya tempo bagaimana?
    terima kasih

  7. Assalamualaikum.wr.wb
    Wan, ada kah punya reverensi pukulan Rebana Kotek & Bass yang biasa dipakai untuk Festival atau standar LASQI kalo ada yang seperti Tasik atau Kotek Pola SUSUN,… buat para Ustd/zah yang punya ilmu tentang kotek pola susun mohon share dan bimbingan.
    Email : aufha.nabil@gmail.com / HP : 082155815515 / PIN : 2AFA0D0C

    1. Wa’alaikunslm. Mohon maaf, ust nabil, kebetulan saya belum punya referensi yg antum cari.

  8. assalamu’alaikum mas
    apakah benar rumus banjari itu ada yang DASARAN . VARIASI , DAN NGGOLONG . atau ana’aan mas
    yang dasaran apakah gini rumusnya mas
    lanangan : DT. TDD. TTTD 3X
    wedok.an : DTT. DDDT. TD 3X
    ini yang secara cepat mas ngk yang pelan

    1. Wa’alaikumslm, ust wahid. Istilah2 antum itu memang benar ada. Rumus yg antum tulis juga insyaAllah benar kok. Syukron atas kunjungannya..

Kritik atau sarannya...

