Sekilas Tentang Ijtihad


Pengertian Ijtihad

  • Pengertian Ijtihad Secara Etimologi

Ijtihad secara etimologi berasal dari kata: al-jahd  atau al-juhd,       اَلْجُهْدُ

yang berarrti al-masyaqat (kesulitan dan kesusahan) dan ath-thaqat  (kesanggupan dan kemampuan), kata Al-Juhd menunjukkan pekerjaan yang sulit dilakukan (lebih dari pekerjaan biasa)

Sabda Nabi Saw :صَلُّوْا عَلَيَّ وَجْتَهِدُا وْ فِى الدُّعَاءِ                                       

Bacalah shalawat padaku dan bersungguh-sunguhlah dalam berdo’a

وَأَمَّاالسُّجُوْدُ فَاجْتَهِدُوْا فِى الدُّعَاءِ

“pada waktu sujud bersungguh-sungguhlah dalam berdoa”

Ijtihad adalah masdar dari اِجْتَهَدَ penambahan huruf alif dan ta, berarti “usaha itu lebih sunguh-sungguh”, oleh sebab itu ijtihad berarti usaha keras atau pengerahan daya upaya untuk mendapatkan sesuatu. Sebaliknya, usaha yang tidak dilakukan secara maksimal (tidak mengunakan daya yang keras), tidak disebut sebagai ijtihad, melainkan daya nalar biasa, ar-ra’y atau at-tafkir. Masih dari segi bahasa, Ijtihad berarti berusaha dengan sungguh-sungguh mengerjakan sesuatu dengan segala keteguhan, perkataan ijtihad tidak digunakan kecuali yang harus dilakukan dengan susah payah, dalam ilmu ushul fiqih, ijtihad identik dengan kata “istimbath” yang secara bahasa berarti mengeluarkan sesuatu dari persembunyiannya.

  • Pengertian Ijtihad Secara Terminologi

Adapun definisi ijtihad secara terminologi cukup beragam dikemukakan oleh para ulama ushul fiqih. Namun secara umum adalah sebagai berikut:

عَمَلِيَّةُاسْتِنْبَاطِ  الْأَحْكَامِ  الشَّرْعِيَّةِ مِنْ  أَدِلَّتِهَاالتَّفْصِيْلِيَّةِ فِى الشَّرِيْعَةِ

“aktifitas untuk memperoleh pengetahuan (istinbath) hukum syara’ dari dalil terperinci dalam syari’at”

Dengan kata lain, Ijtihad adalah pengerahan segala kesanggupan seorang faqih (pakar hukum Islam) untuk memperoleh pengetahuan tentang hukum sesuatu melalui dalil syara’ (agama), kenyataan menunjukkan bahwa ijtihad dilakukan di berbagai bidang, yang mencakup aqidah, muamalah dan falsafat.

Ijtihad menurut istilah telah dirumuskan secara bervariasi oleh beberapa ulama. Antara lain ada yang menyatakan bahwa ijtihad adalah segala upaya yang dicurahkan mujtahid dalam berbagai bidang ilmu, seperti fiqih, teologi, filsafat, tasawuf dan sebagainya (Kasuwi Saiban, 2005 : 42). Ada pula yang menyatakan bahwa ijtihad adalah mengerahkan semua potensi dan kemampuan semaksimal mungkin untuk menetapkan hukum hukum syari’ah berdasarkan dalil-dalil syara (Depag RI, 1996)

Adapun menurut Ibrahim Hosen (1988 : 23) yang mendasarkan pengertian ijtihad pada praktek sahabat, menyatakan bahwa ijtihad adalah penelitian dan pemikiran untuk mendapatkan sesuatu yang terdekat dengan Kitab Allah dan Sunnah Rasulullah saw., baik melalui suatu nash maupun melalui maksud dan tujuan umum hikmah syari’ah yang disebut maslahat. Sedangkan menurut mayoritas ulama ahli ushul, ijtihad ialah mengerahkan segenap kemampuan oleh seorang ahli fiqih atau mujtahid untuk memperoleh pengertian tingkat dzanny mengenai hukum syara.
Definisi tersebut memiliki relevansi dengan yang dikemukakan oleh Ahmad Azhar Basyir (1988 : 46) yang menyatakan bahwa Ijtihad adalah penggunaan akal fikiran semaksimal mungkin untuk memperoleh ketentuan hukum syara. Karena yang dicari adalah hukum syara’ maka yang melakukan ijtihad harus benar-benar muslim, kukuh aqidahnya, baik ibadahnya, dan mulia akhlaknya.

            Adapula dari Al-Amidi merumuskan ijtihad sebagai berikut:

اسْتِفْرَاغُ الْوُسْعِ فِي طَلَبِ الظَّنِّ بِشَىْءٍ مِّنَ الْاَحْكَامِ الشَّرْعِيَّةِ عَلَى وَجْهٍ يُحَسُّ مِنَ النَّفْسِ الْعَجْزُ عَنِ الْمَزِيْدِ فِيْهِ

“Mencurahkan segenap kemampuan dalam mencari hukum-hukum syar’i  yang bersifat zhanni, dalam batas sampai dirinya merasa tidak mampu melebihi usahanya itu”

            Adalagi dari Al-Ghazali merumuskan ijtihad sebagai berikut:

بَذْلُ الْمُجْتَهِدِ وُسْعَهُ فِي طَلَبِ الْعِلْمِ بِالْأَحْكَامِ الشَّرْعِيَّةِ

Pencurahan kemampuan seorang mujtahid dalam rangka memperoleh hukum-hukum syar’i.”

Advertisements

Kritik atau sarannya...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s